Dikejutkan Zenit Di Menit Akhir, Chelsea Batal Jadi Juara Grup

By ommed


nusakini.com - Chelsea batal menjadi juara Grup H Liga Champions Eropa setelah ditahan Zenit 3-3, Kamis (9/12) dini hari WIB, dalam laga yang berjalan dramatis.

Pasukan Thomas Tuchel mampu unggul sebelum laga genap berjalan dua menit di Rusia lewat skema sepak pojok.

Andreas Christensen menyundul bola ke arah tiang dekat, dan Werner yang telah menanti di sana menceploskan bola ke arah gawang yang kosong.


The Blues mesti berterima kasih kepada Kepa Arrizabalaga karena penyelamatan gemilangnya menjaga skor tetap 1-0 pada menit ke-26.

Malcom mendapatkan ruang di sisi kiri pertahanan Chelsea dan mendapati situasi satu lawan satu dengan Kepa, namun tembakan rendahnya mampu diblok oleh kiper termahal di dunia itu.

Sayangnya ia tak bisa berbuat banyak saat Claudinho menyamakan kedudukan bagi Zenit pada menit ke-38.

Lini belakang Chelsea membuang bola dengan serampangan, sehingga Douglas Santos mampu mengontrolnya dan mengirimkan umpan silang dari posisi dalam. Claudinho yang baru tiba di kotak pun langsung menyambarnya.


Tak sampai tiga menit, Zenit berhasil membalikkan keadaan. Memanfaatkan umpan Malcom, Azmoun lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Kepa, dan kali ini sang kiper ditaklukkan.

Untungnya, meski sudah kebobolan dua gol, Kepa tampil memukau malam itu. Hanya beberapa detik setelah permain dilanjutkan, Azmoun kembali lolos dan berhadapan dengan Kepa, dan sang kiper lagi-lagi dipaksa menyelamatkan pertahanan Chelsea yang keropos.

Chelsea memulai paruh kedua dengan lebih tenang, dan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-62 setelah Lukaku menyelesaikan satu-dua Werner dengan Barkley.

Mereka akhirnya mengembalikan keunggulan mereka pada menit ke-85 saat Werner mencetak gol keduanya.

Striker Jerman itu menerima umpan Christian Pulisic di dalam kotak penalti, sebelum melewati Vyacheslav Karavaev dan melepaskan tembakan rendah tanpa bisa dibendung Mikhail Kerzhakov.


Harapan Chelsea untuk memuncaki Grup H dibuyarkan oleh gol telat Zenit pada menit ke-94. Mereka gagal menyapu bola umpan lambung dengan sempurna, sehingga Ozdoev mampu melepaskan tendangan voli yang tak mampu dicegah Kepa.

The Blues harus rela finis kedua di putaran grup UCL, dan bakal bertemu dengan juara grup lain seperti Bayern Munich, Ajax, atau Real Madrid. (gi/om)